Van Der Sar, Sang Kiper Legendaris Setan Merah

 

Van Der Sar, Sang Kiper Legendaris Setan Merah

Edwin Van der Sar dalam salah satu laganya saat membela Manchester United

Edwin Van Der Sar lahir di Voorhout, Holland Selatan, Belanda, pada 29  Oktober 1970. Ia dikenal sebagai salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah sepak bola klub paling familiar dari Inggris, Manchester United. Selain itu Van der Sar juga pernah membela tim nasional Belanda, Ajax Amsterdam, Juventus, serta Fulham FC.

Klub profesional pertama yang diikuti oleh Van der Sar adalah Ajax Amsterdam. Klub terkenal Negeri Kincir Angin itu mulai kepincut dengan penampilan Van der Sar saat ia sedang membela Foreholte dan VV Noordwijk pada Prediksi skor di Belanda. Penampilan Van der Sar yang dianggap cemerlang itu kemudian membuat ia ditawari bergabung untuk bergabung dengan Ajax.

Sebelum berkarir sebagai pemain senior utama di Ajax Amsterdam, Van der Sar melewati waktu cukup lama sebagai pemain muda klub itu. Bersama Ajax, Van der Sar pernah menjuarai pertandingan pada tahun 1991/1992. Ia juga kemudian mengantarkan Ajax Ansterdam tampil menjadi pemenang Liga Champions UEFA 1995. Setidaknya Van der Sar telah menciptakan Prediksi skor pertandingan bersama Ajax Amsterdam sebanyak 226 kali penampilan.

Bersinar terang di Liga Inggris

Selama di Ajax Amsterdam, Van der Sar mengikuti banyak sekali turnamen dan kejuaraan misalnya;

  • Tahun 1993,1998 dan 1999 berpartisipasi dalam Piala KNVB
  • Tahun 1995 UEFA Champions League
  • Tahun 1992 Piala UEFA
  • Tahun 1995 Piala Super Eropa
  • Tahun 1995 Piala Interkontinental, dan lain-lain.

Edwin Van der Sar juga pernah dinobatkan sebagai penjaga gawang terbaik Eropa pada tahun 1995 dan 2009 yang membuat namanya kian melambung sebagai salah satu kiper legendaris sepak bola.

Dari Ajax Amsterdam, Edwin Van der Sar kemudian pindah ke Juventus. Namun di Juventus, Van der Sar tak bertahan lama, ia kemudian pindah lagi ke Liga Inggris dan bergabung bersamam Fulham Football Club.

Namun dapat dibilang bahwa puncak karir seorang Edwin Van der Sar di laga Prediksi skor  diraihnya saat bergabung bersama Manchester United dan menjadi kiper andalan Si Setan Merah. Van der Sar bergabung bersama Manchester United pada tahun 2005 dengan nilai transfer sebesar 2 juta euro. Bahkan Sir Alex Ferguson mengatakan bahwa Van der Sar adalah penjaga gawang terbaik Manchester United setelah Peter Schmeichel.

Van der Sar dipeluk oleh rekan-rekannya setelah berhasil membuat penyelamatan yang heroik dalam salah satu drama adu penalti

Edwin Van der Sar setidaknya membela Manchester United dari tahun 2005 sampai dengan 2011. Salah satu moment krusial dalam karirnya di klub Setan Merah adalah saat ia menyelamatkan Manchester United dari kekalahan saat berhadapan dengan Manchester City pada tahun 2007.

Pertandingan terakhir yang diikuti oleh Van der Sar adalah 2011 pada gelaran Final Liga Champions UEFA. Hari itu Manchester United kalah dari Barcelona dengan Prediksi skor 3-1 untuk kemenangan El Barca.