Pernah Berkunjung ke Fort Vastenburg, Fort Heritage Belanda Masih Berdiri Kukuh di Surakarta

Pernah Berkunjung ke Fort Vastenburg, Fort Heritage Belanda Masih Berdiri Kukuh di Surakarta

Apakah Anda pernah berkunjung ke Solo? Yang paling sering dikunjungi wisatawan di Solo tentu Keraton Solo. Namun, ada bangunan lain yang merupakan peninggalan Belanda di Surakarta, yaitu Fort Vastenburg, tepatnya di daerah Gladak. Sebelumnya, benteng ini dibuat oleh Belanda untuk mengawasi penguasa yang ada di Istana Solo serta garnisun pusat.

Serba-serbi tentang Fort Vastenburg

Benteng Vastenburg memiliki bentuk yang sama seperti benteng-benteng Belanda di tempat-tempat lain, yaitu persegi dengan dinding bata setinggi 6 meter namun kenyataannya benteng ini ditinggalkan keberadaan dan diobati meskipun telah berdiri sejak 1745 oleh Gubernur Jenderal Belanda pada waktu itu bernama Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi benteng ini, Anda dapat menggunakan kereta api atau sewa bus pariwisata Jakarta, Surabaya atau dari kota-kota lain.

Vastenburg berarti istana dikelilingi oleh tembok yang kuat, benteng Vastenburg ini dikelilingi oleh dinding tebal dan ada parit di sekitar parit pertama dimaksudkan sebagai penghalang yang akan membuat sulit bagi musuh untuk menyelinap diam-diam ke dalam benteng. Kastil ini awalnya bernama De Grootmoedigheid, dan pada 1775 benteng dibangun lebih besar dan berganti nama menjadi Fort Vastenburg. Karena benteng dibuat untuk mengawasi istana Surakarta juga terletak di pusat kota sehingga ketika Anda sedang bermain ke Solo untuk menyewa bus, tidak ada yang salah muncul di benteng ini.

Benteng memiliki lapangan besar di bagian tengah juga telah digunakan untuk markas militer setelah kemerdekaan yaitu sekitar tahun 1980-an, dalam rangka untuk melayani sebagai pusat pelatihan tentara Surakarta dan daerah sekitarnya. Namun, tak lama setelah benteng ini tidak lagi digunakan sebagai markas militer, dan bahkan telah dijual kepada seseorang sampai akhirnya dibeli kembali oleh pemerintah dan digunakan sebagai warisan budaya di Surakarta dengan UU Nomor 5 tahun 1992. Benteng ini dapat menjadi salah satu wisata sejarah Anda benar baik bepergian dengan mobil pribadi, kereta atau sewa bus pariwisata Jakarta, Surabaya atau kota-kota lain