Kontes Bonsai Bagi Penghobi Memperlihatkan Hasil Karya

Pandangan Lomba Bonsai

Kontes Bonsai Bagi Penghobi Memperlihatkan Hasil Karya

kontes bonsai – Ikuti satu lomba pasti memiliki makna tertentu buat peserta, jadi pemula yang dipikir ialah menang atau kalah, juara atau mungkin tidak serta sangat tidak penghargaan apa yang dapat didapat.

Buat beberapa senior di panggung lomba bonsai di Jakarta, persyaratan ikuti lomba sangat dimengerti, tetapi buat kita yang baru menekuni dunia lomba bonsai masih dibutuhkan info serta pandangan yang lebih sering.

Jadi, apa berarti satu lomba bonsai?. Jadi pandangan awal, lomba bonsai yang berlaku saat ini ialah tempat untuk memperoleh Predikat buat pohon yang diikutkan. Predikat pohon itu didapat berdasar nilai yang terkumpul dari 4 faktor atau persyaratan penilaian berikut ini :

1. Tampilan
2. Gerak Fundamen
3. Kecocokan
4. Kematangan

Dari akumulasi nilai keempat faktor di atas. didapat satu jumlahnya yang mampu jadi batas dari pemberian predikat. Jumlahnya Nilai yang dibutuhkan untuk tentukan satu predikat pohon ialah seperti berikut :

  • Jumlahnya Nilai Di atas 321 mendapatkan Predikat Baik Sekali
  • Jumlahnya Nilai 281 – 320 mendapatkan Predikat Baik
  • Jumlahnya Nilai 241 – 280 mendapatkan Predikat Lumayan
  • Jumlahnya Nilai Di bawah 241 tidak ada Predikat.

Resume penilaian di atas bisa dipandang di Buku Penilaian Bonsai yang umumnya dikasih panitia lomba berikut Sertipikat Penghargaan buat pohon yang mendapatkan predikat.

Tingkatan Lomba

Lomba Bonsai Jakarta kenal beberapa tahap atau kelas yang diperlombaan, diawali dengan kelas Potensial, Regional, Madya, Kelas Penting , saat ini diperlombakan kelas yang tambah tinggi atau berprestise yang diketahui dengan Kelas Bintang.

Pohon yang mendapatkan predikat umumnya dikasih sinyal dengan penambatan bendera, bendera warna merah bermakna pohon itu mendapatkan predikat sangat baik, bendera warna hijau untuk pohon dengan predikat baik, serta bendera kuning untuk predikat lumayan.

Mesti diingat jika barangkali berlangsung, Juara pertama dari satu lomba bonsai ialah pohon yang berpredikat Baik saja atau di bawah itu, ini bisa dimaklumi sebab berdasar penilaian juri cuma didapat pohon dengan jumlahnya nilai di rata-rata batas predikat baik atau lumayan saja. Memang insiden ini tidak pernah berlangsung, tapi dengan perumusan penilaian serta memperoleh predikat seperti ditata di atas, ini bisa serta atau peluang saja dapat berlangsung.

Di satu lomba bonsai seringkali kita merasakan seorang peserta telah merasakan benar-benar senang jikalau pohonnya mendapatkan bendera merah atau mendapatkan predikat sangat baik, kenikmatan ini jelas mampu makin bertambah jikalau pohon yang berkaitan mendapatkan nilai paling tinggi hingga dikukuhkan jadi Juara.

Secara singkat ialah, tingkatan kontes bonsai memberikan kenikmatan serta kebanggaan sekaligus juga mampu didapat jikalau bisa dikukuhkan jadi paling baik dari yang sangat baik, bukan paling baik dari yang baik atau paling baik dari yang lumayan.