Mengetahui Tentang Mesin Stamper / Tamping Rammer

Alat konstruksi lainnya yang digunakan untuk memadatkan tanah adalah mesin stamper. Mesin ini lebih dikenal sebagai tamping rammer. Alat berat dari Sarana Mutu ini sangat membantu para pekerja bangunan guna untuk mempercepat proses pemadatan tanah yang ditimbun. Benda ini juga dapat memadatkan tanah yang saling berlekatan. Biasanya benda ini digunakan pada saat proses pemadatan untuk bangunan seperti gedung, jalan, dan halaman. Tak hanya itu saja, mesin ini juga digunakan untuk pemadatan timbunan lainnya.

Fungsi Dan Bagian Dari Mesin Stamper Atau Tamping Rammer

Untuk mengetahui fungsi dan bagian dari mesin stamper ini akan di jelaskan berikut ini.

-Mesin

Mesin adalah sumber tenaga yang berfungsi untuk menjalankan sistem-sistem roda gigi guna mendapatkan gerakan vertikan secara timbal balik pada saat dinyalakan.

-Bingkai perlindungan dan pegangan arah

Bagian ini adalah alat luar dari mesin yang gunanya untuk melindungi benda tersebut. Pada bagian alat tersebut juga terdapat pegangan arah yang fungsinya sebagai pengarah gerakan. Pegangan ini biasanya terbuat dari besi yang akan di pegang oleh penggunanya untuk mengarahkan mesin tersebut ketempat yang akan dipadatkan tanahnya.

-Kaki hentak

Bagian ini dibuat untuk melanjutkan gerakan tegak lurus agar imbang dari mesin stemper melewati pegas yang dipasangkan dan bergerak secara naik turun sehingga terjadi tumbukan pada mesin dengan diisi tenaga yang besar terhadap permukaan yang akan ditumbuk.

-Plat tumbuk

Dibawah kaki hentak juga terdapat bagian yang langsung berhubungan dengan permukaan tanah.

Cara Pengoprasian Mesin Stamper Atau Tamping Rammer

 

Sebelum menggunakan benda tersebut, sebaiknya perhatikan terlebih dulu tentang cara pengoprasiannya. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan pada saat mengopasikannya. Berikut ini adalah cara pengoprasian mesin stamper, sebagai berikut :

  1. Mengecek bahan bakar

Sebaiknya periksa terlebih dahulu bahan bakar pada mesin ini sebelum mengoprasikannya. Dalam pengisian bahan bakar juga tidak boleh terlalu penuh, pasalnya getaran yang terjadi pada mesin ketika sedang bekerja dapat membuat bensin tumpah.

  1. Cek mur dan baut mesin tersebut

Mengecek mur dan baut dimesin ini juga harus dilakukan sebelum menjalankannya. Sebab hal ini sangat penting untuk dilakukan agar hal yang tidak diinginkan terjadi seperti kebocoran bensin, oli, kecelakaan kerja dan sebagainya.

  1. Hidupkan mesin

Buka katub pada bahan bakar ketika ingin menghidupkan mesin. Lalu atur posisi tombol ke on. Tetapi bila keadaan kondisi mesin dingin, pastikan knop chuck dalam posisi terbuka. Kemudian tarik grip starter dengan cepat.

  1. Pemeliharaan

Mesin ini juga harus dirawat secara rutin. Hal itu dilakukan agar mesin bisa bertahan lama dan mencegah kerusakan pada mesin tersebut. Yang paling penting dilakukan perawatan adalah saluran bahan bakar, pergantian oli mesin, dan pelumnas pada bagian kaki penghentak.

Demikianlah ulasan tentang mesin stamper atau tamping rammer beserta cara pengoprasiannya. Untuk mendapatkan kebutuhan tentang alat konstruksi lainnya, bisa langsung mengunjungi website resmi kami di http://saranamutu.co.id/. Disini anda bisa menemukan berbagai macam alat-alat bangunan atau konstruksi dengan merk ternama dan harga yang terjangkau.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *