Kenali Perbedaan Sablon DTG dan Manual

Infoproduksi.com – Sablon menjadi salah satu hal yang dicari banyak orang, sablon digunakan untuk mencetak huruf dan gambar di kaos, di jaket, tali id card dan media lainnya. Biasanya media tersebut digunakan untuk hiburan, kado, promosi, alat pengenal, dan lain sebagainya. Di zaman dahulu sablon menggunakan cara manual, namun di zaman modern ini sablon lebih praktis menggunakan sablon DTG. Masing-masing teknik tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Kenali Perbedaan Sablon DTG dan Manual

4 Perbedaan Antara Sablon DTG dan Manual

Sablon DTG merupakan sablon yang menggunakan printer DTG, yaitu mesin dengan teknologi baru yang menghubungkan teknologi head printer tipe piezo dengan tinta khusus textile. Sedangkan sablon kaos manual adalah teknik sablon yang menggunakan alat-alat manual seperti rakel, screen dan dikerjakan secara manual oleh manusia. Antara sablon DTG dengan sablon manual memiliki perbedaan yang cukup besar, di antaranya adalah :

1. Proses pembuatan sangat berbeda

Proses pembuatan pada printer DTG menggunakan mesin yang dikenal dengan nama DTG, proses ini sangat cepat dan bisa langsung diaplikasikan di kaos. Adapun sablon manual masih menggunakan alat-alat dahulu dengan bantuan tenaga manusia, dan teknik sablon manual ini membutuhkan keahlian khusus dalam menyablon.

2. Alat-alat yang digunakan

Sablon kaos manual menggunakan alat-alat sebagai berikut, ada rakel, screen, papan banting, tinta, coater dan hairdryer. Sedangkan alat yang digunakan untuk sablon DTG antara lain komputer, mesin press, printer DTG, dan kompresor. Dan penting untuk kamu tahu bahwa alat-alat DTG memang lebih mahal, namun hasilnya lebih cepat.

3. Jumlah yang diproduksi

Untuk sablon DTG tidak membutuhkan jumlah produksi yang minimum, kamu bisa memesan kaos atau tali id card yang disablon hanya dengan jumlah order satu, namun sebaliknya untuk sablon manual pasti terdapat minimal order, hal ini bertujuan untuk menekan biaya produksi.

4. Media yang digunakan

Untuk sablon DTG tidak ada media yang dibutuhkan, namun sebaliknya sablon manual membutuhkan media cetak desain di kertas dan membuat screen film, tinta dicetak di screen dan baru bisa dicetak di kaos.

Perbedaan antara sablon DTG dan manual sangat besar, namun masyarakat ternyata memiliki ketertarikan sendiri terhadap masing-masing sablon. Buat kamu yang akan mencetak kaos, tali id card atau media lainnya pilihlah salah satu sablon yang menurut kamu bagus.