Jangan Sampai Salah Pilih! Inilah Berbagai Jenis Bahan Roller Blind

Seiring berjalannya waktu, dunia arsitektur pun banyak mengalami perkembangan. Salah satunya adalah dengan penggunaan window blinds pada bangunan. Dulu, banyak orang hanya menggunakan gorden atau tirai konvensional untuk mengurangi intensitas cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan. Namun, sayangnya dengan menggunakan gorden Anda tidak bisa menyesuaikan intensitas cahaya yang dibutuhkan ruangan. Akibatnya ruangan bisa terlihat terlalu gelap.

Window blinds adalah jenis tirai yang dapat digulung atau dilipat secara otomatis dan manual menggunakan sebuah sling. Jenis window blinds yang tersedia di pasaran pun cukup banyak, seperti horizontal blind, vertical blind, sampai yang paling digemari adalah roller blind. Saat ini, blind jenis roller lebih sering dipilih banyak orang dibandingkan dengan tirai atau gorden konvensional. Hal itu disebabkan penggunaannya yang lebih praktis dan tampilannya yang sederhana namun tetap memberikan kesan modern pada ruangan.

Jenis tirai ini dapat memberikan Anda privasi sekaligus juga dapat memberikan Anda kenyamanan yang lebih. Mengapa? Karena window blinds ini bisa menghalau sinar matahari yang terlalu terik. Namun tidak seperti gorden konvensional, Anda bisa menyesuaikan intensitas cahaya matahari yang masuk ke ruangan dengan menggunakan tirai jenis ini.

Jenis Bahan Roller Blind Sesuai Kebutuhan Anda

Roller blind terbuat dari berbagai macam bahan dan tiap-tiap bahan ini pun memiliki fungsi yang berbeda. Maka agar tidak salah pilih, Anda harus mengenali dulu ruangan yang hendak Anda pasang tirai jenis ini sebelum membeli. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang sering digunakan:

  1. Solar Screen

Jenis Bahan Roller Blind

Roller blind dengan menggunakan bahan solar screen mampu menahan cahaya dan panas dari luar ruangan. Akan tetapi penggunaan blinds jenis ini tidak akan sepenuhnya memblokir cahaya, karena Anda masih dapat dengan jelas melihat objek di luar ruangan. Bahan solar screens ini setidaknya masih bisa menerima cahaya dari luar sebanyak 80%. Maka Anda tidak perlu khawatir ruangan menjadi gelap gulita saat menggunakan blinds ini. Karena manfaatnya, blinds jenis ini sangat cocok digunakan di gedung-gedung perkantoran. Selain itu dengan penggunaan bahan solar screens ini juga dapat mengurangi penggunaan listrik di siang hari.

  1. Dim Out

Berbeda dengan blinds solar screen, jenis bahan dim out membuat Anda tidak bisa melihat pemandangan yang ada di luar ruangan. Akan tetapi cahaya masih bisa tetap masuk ke dalam ruangan. Dengan begitu, maka privasi Anda akan tetap terjaga. Blinds jenis ini sangat cocok digunakan di ruang makan ataupun ruang baca. Jika Anda membutuhkan ruangan dengan intensitas cahaya yang rendah, maka blinds jenis ini sangat cocok untuk digunakan.

  1. Black Out

Black Out

Window blinds dengan jenis bahan black out dapat secara maksimal memblokir cahaya matahari yang masuk dari luar ruangan. Biasanya kain pada blinds jenis ini dikombinasikan dengan zipper di bagian pinggirnya agar Anda bisa dengan mudah mengatur ketinggiannya. Blinds ini sangat cocok digunakan untuk ruangan yang membutuhkan minim cahaya, seperti ruangan teater, ruang meeting ataupun kamar tidur.

  1. Sheer

Kain yang digunakan untuk blinds jenis ini adalah kain yang tipis dan cukup transparan. Biasanya kain ini dipadukan dengan kain jenis lainnya sehingga terlihat lebih menarik. Blinds jenis ini juga hadir dengan berbagai motif yang unik dan menarik. Sehingga bagi Anda yang ingin mendekorasi ruangan Anda agar terlihat lebih cantik, maka blinds jenis ini sangat tepat untuk digunakan.