Headset Sering Rusak? Lakukan Ini Agar Headset Awet

 

Headset Sering Rusak? Lakukan Ini Agar Headset Awet
Source via : Newmusicbox

Carauntukmembuat.com – Headset adalah salah satu alat elektronik yang bisa disambungkan dengan smartphone, laptop, dan komputer. Headset sangat mudah dibawa ke mana saja, biasanya orang-orang menggunakan headset untuk mendengarkan musik, bermain game, menonton video atau bisa juga digunakan untuk menelpon. Headset sudah menjadi hal wajib dan penting yang biasanya dibawa ke manapun. Namun sering kali kita meremehkan dalam hal perawatan pada headset. Hal itu menyebabkan headset mudah rusak dan tidak berfungsi lagi. Kebiasaan yang sepele seperti menaruh headset sembarangan dalam keadaan kabel yang kusut adalah hal pertama yang menyebabkan kerusakan pada headset. Meskipun headset tersebut mahal dan kualitasnya bagus, namun jika kita tidak merawatnya dengan benar, tetap saja headset tersebut akan rusak. Lalu bagaimana cara merawat headset agar tidak cepat rusak?

Berikut 6 Cara Merawat Headset Agar Tidak Cepat Rusak

Source via : worldmusicsuply.com

Headset sebagai alat penting yang sering kita gunakan, sudah sepatutnya mendapat perawatan yang layak agar tidak cepat rusak. Meskipun harganya murah, jika dirawat dengan baik pasti akan bertahan lebih lama. Berikut ini adalah cara untuk merawat headset agar awet.

  • Gulung kabel headset

Gulung kabel headset setelah digunakan, gulung dengan benar agar tetap rapih. Kabel yang berantakan rentan membuat kabel tersebut cepat rusak. Setelah digulung, simpan dalam wadah khusus headset supaya tetap rapih. Atau bisa juga gunakan penjepit kabel, agar kabel yang telah digulung bisa dijepit dan tidak akan berantakan. Karena meski sudah digulung tapi diletakan begitu saja di dalam tas atau di mana pun. Hal ini akan menyebabkan kabel headset akan kusut kembali.

  • Bersihkan Headset

Hal ini juga penting agar Headset tetap awet, bersihkan secara rutin satu minggu sekali. Untuk membersihkannya Bisa gunakan Cotton buds, kain, atau sikat. Jangan gunakan yang berbahan kasar atau tajam. Bersihkan bagian kabel dan juga bagian earbuds atau bantalan headsetnya, agar bersih dari debu dan suara yang dikeluarkan pun tetap bagus. Lakukan secara perlahan agar tidak merusak komponen headset.

  • Tidak Menggunakannya Saat Tidur

Hindari penggunaan headset saat tidur, selain berdampak pada kesehatan, penggunaan headset saat tidur membuat kabel headset tertarik atau tertindih karena posisi tidur yang berubah-ubah.

  • Hindari Telinga Basah

Sebelum menggunakan headset, pastikan bahwa telinga sudah benar-benar kering. Jangan gunakan headset ketika posisi telinga basah, karena dapat menyebabkan kerusakan komponen. Hindari juga tempat-tempat basah dan jangan sampai terkena air meskipun hanya cipratan saja karena headset adalah salah satu barang elektronik dan akan rusak atau konslet jika terkena air. Maka gunakan wadah agar headset tetap aman.

  • Taruh hati-hati

Ketika kita selesai menggunakanya letakan hati-hati atau jangan melemparnya karena jika headset terkena barang atau tempat yang keras tentu saja akan merusak headset terutama bagian earbudsnya. Selain itu jika kita ingin melepaskan headset dari perangkat, lakukan secara perlahan. Jangan menarik kabelnya, namun tarik bagian steker pada headset agar kabel tidak lepas atau rusak.

  • Penggunaan Volume

Jangan gunakan headset yang bervolume keras, karena bisa mengganggu indra pendengaran dan juga dapat merusak headset. Gunakan headset bervolume pas agar suara yang dikeluarkan tetap jernih.

Nah itu dia beberapa tips dan cara merawat headset agar tidak cepat rusak, Mudah bukan? Intinya adalah gunakan headset seperlunya, jika tidak digunakan bisa di rapihkan dan di simpan kembali.