5 Faktor Utama yang Menentukan Tingginya Harga Tanah Jakarta Selatan

Faktor Tingginya Harga Tanah

Ada banyak faktor yang menyebabkan peningkatan harga tanah yang terus meningkat, dan lokasi adalah faktor utamanya.

Lokasi, lokasi, dan lokasi.

Anda masih ingat dengan slogan itu? Ya, itu adalah slogan dalam memilih dan menentukan tempat bisnis yang dianggap paling ideal. Inti dari slogan tersebut adalah letak strategis suatu objek, adalah aspek terpenting yang menentukan harganya. Tak terkecuali dalam konteks ini adalah harga tanah, lebih berfokus lagi pada harga tanah Jakarta Selatan yang dinilai sebagai salah satu harga tanah paling mahal di Indonesia.

Jakarta Selatan memang merupakan salah satu wilayah ibu kota dengan pembangunan dan gaya hidup urban yang sangat kental. Di tempat ini juga banyak terdapat korporasi-korporasi bisnis raksasa, demografi penduduk yang kian padat, dan lain sebagainya. Faktor-faktor ini dinilai sebagai beberapa hal penting yang menyebabkan harga properti di wilayah Jakarta kian melambung tinggi.

5 Faktor Utama yang Mempengaruhi Kenaikan Harga Tanah Jakarta Selatan

Setiap tahun harga tanah per meter meningkat semakin tinggi. Dan ini terjadi hampir di setiap wilayah, bukan hanya Jakarta Selatan semata. Lantas apa penyebab utama yang menjadi faktor signifikannya kenaikan harga tanah tersebut? Berikut akan kita ulas satu persatu.

  • Lokasi┬ástrategis

Lokasi sekali lagi, menjadi faktor paling utama yang menentukan tingginya harga tanah. Tanah yang terletak di pusat kota seperti Jakarta Selatan tentu saja memilki nilai ekonomis yang tinggi. Apalagi Jakarta adalah pusat banyak hal di Indonesia. Selain menjadi pusat pemerintahan dan ibu kota, Jakarta juga menjadi pusat aktivitas bisnis, aktivitas ekonomi, dan juga politik.

  • Nilai properti atau objek di atas tanah tersebut

Hal kedua yang menjadikan mengapa harga tanah terus membubung tinggi adalah faktor objek apa yang terdapat di atas tanah. Ini berkaitan erat dengan nilai ekonomis yang mampu diberikan oleh objek tersebut. Misalnya sepetak tanah di Jakarta Selatan yang di atasnya terdapat sumber air dan tanaman produktif, tentu memiliki nilai jauh berbeda dengan tanah yang di atasnya tidak terdapat apa-apa.

  • Kebutuhan properti yang kian meningkat

Faktor Tingginya Harga Tanah

Lonjakan demografi tidak hanya berpengaruh kepada sosial, namun ini juga berpengaruh kepada kebutuhan atas tanah sebagai hunian yang konsekuensinya membuat harga tanah kita tinggi.

Baca Juga : Ini Dia Perhitungan Lengkap Biaya Pembuatan Sertifikat Tanah

Kebutuhan akan papan (perumahan) adalah faktor utama yang menjadikan manusia berusaha memiliki tanah sebagai lokasi hunian. Di tempat seperti Jakarta Selatan yang memiliki kepadatan penduduk tinggi dan pusat massa, tentu kebutuhan akan perumahan sangat tinggi pula. Ini kemudian yang menjadikan harga tanah per meternya dapat saja melambung tinggi dari waktu ke waktu.

  • Kawasan padat penduduk dan konsentrasi massa

Ini seperti membandingkan antara harga tanah di tengah perkotaan dengan harga tanah di hutan, ya tentu saja harga tanah di tengah kota memiliki nilai yang lebih tinggi. Jakarta selatan dengan konsentrasi kepadatan penduduk yang besar memiliki pula kebutuhan atas tanah yang tinggi. Hal ini secara langsung berimbas pada nilai jual tanah per meter yang terus naik di Jakarta Selatan.

  • Penguasaan lahan dan rumitnya kepengurusan pertanahan

Tanah yang dikuasai oleh banyak orang seperti investor, developer atau pemilik modal tentu memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibanding tanah yang dimiliki oleh penduduk perseorangan. Ini dikarenakan motivasi para pebisnis properti itu dalam membeli ribuan hektar tanah dan menjualnya kembali memang adalah keuntungan. Jadi penguasaan mereka atas tanah adalah komoditas yang memang mereka perdagangkan.

Faktor semakin complicated-nya kepengurusan dokumen dan akta-akta pertanahan juga menjadi faktor penentu harga tanah. Tanah yang sudah memiliki dokumen lengkap, umumnya memiliki harga jual per meter yang lebih tinggi daripada yang masih belum memiliki dokumen apa pun.

5 faktor diatas adalah yang secara umum dianggap sebagai unsur utama yang menjadikan harga tanah kian tinggi. Dan untuk semua faktor-faktor penentu itu mungkin kombinasinya dapat kita lihat di kota besar seperti Jakarta Selatan. Sehingga tidak mengherankan kemudian mengapa harga tanah Jakarta Selatan setiap tahun, per meternya terus mengalami peningkatan yang signifikan.