Cara Membuat Lampu LED Huruf Timbul Ala Tumblr Yang Instagrammable

huruf timbul lampu led

Saat ini huruf timbul menyala atau LED bukan hanya digunakan sebagai pengenal suatu perusahaan atau tempat makan, tapi juga digunakan sebagai pajangan, atau properti ala Tumblr. Di artikel ini akan mengulas bagaimana cara untuk membuat huruf timbul menyala ala Tumblr yang Instagrammable.

Huruf timbul menyala saat ini bukan hanya berbentuk huruf biasa, akan tetapi sudah memiliki banyak model dan warna yang bervariasi. Bahan yang umum digunakan untuk membuat huruf timbul LED ialah akrilik.

Bahan akrilik memilki dua jenis, akrilik ekstrusi dan akrilik cetak. Biasanya jenis yang digunakan untuk membuat huruf timbul ialah akrilik ekstrusi, karena akrilik jenis tersebut memiliki kelebihan diantaranya mudah dibentuk, lebih ringan dari kaca, tahan kepada reaksi kimia dibandingkan bahan plastik yang lain, tahan benturan dibandingan kaca, tahan terhadap cuaca diruang terbuka, serta memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan jenis akrilik yang lain.

Selain jenis, akrilik juga memiliki klasifikasi fisik yang beragam, diantaranya akrilik susu, akrilik bening, akrilik warna, dan akrilik riben. Bedanya jenis fisik terdapat di ukuran serta ketebalan yang bervariasi. Hal tersebut yang menentukan akrilik bisa digunakan untuk membuat barang apa saja. Untuk membuat huruf timbul, memerlukan akrilik jenis fisik susu. Karena akrilik susu memiliki fisik yang tembus pandang dan lebih mudah dibuat untuk menjadi huruf timbul.

Bahan yang mudah di temukan dan dicari akan mepermudah untuk membuat huruf timbul menyala. Berikut barang-barang yang diperlukan:

  • Adaptor (kapasitas yang disarankan tiga amper)
  • Akrilik susu (disarankan yang berwarna putih agar lampu yang dipasang dapat teraplikasikan dengan baik)
  • Baut plus
  • Cutter
  • Gunting
  • Kabel serabut isi dua
  • Lampu LED untuk huruf timbul berbentuk kotak panjang dengan warna yang diinginkan
  • Lem akrilik
  • Lem kayu
  • Mesin amplas
  • Pemanas akrilik
  • Pemotong akrilik
  • Penggaris
  • Pola huruf yang di inginkan
  • Solder

Setelah semua bahan terkumpul, langkah pertama yang harus dilakukan ialah membuat pola terlebih dahulu.

1. Buat Pola Huruf Timbul Lampu LED

Agar pola huruf rapih, gunakan CorelDRAW atau Photoshop untuk membuat pola huruf menjadi lebih rapih. Sebelum mencetak kertas pastikan ukuran huruf sesuai dengan ukuran asli yang ingin yang dibuat menggukan penggaris dan cutter.

2. Penempelan Pola Pada Akrilik

Setelah pola selesai dibuat, potong setiap pola agar membentuk huruf yang diinginkan. Jika sudah, lumuri satu sisi setiap kertas pola huruf tersebut untuk ditempelkan ke akrilik.

3. Pemotongan Pola

Potong akrilik mengikuti kertas pola huruf tersebut dengan pemotong akrilik. Setelah semua kertas pola huruf terpotong, buat pola pada akrilik dengan bentuk persegi panjang. Akrilik persegi panjang tersebut untuk bagian pinggiran, untuk ketebalan dari huruf bisa sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk menyisakan lubang kecil sebagai tempat kabel lampu LED untuk huruf timbul. Jika sudah potong mengikuti kertas pola, haluskan setiap pinggiran dengan mesin amplas.

4. Penggabungan Kepingan Huruf Akrilik

Sebelum semua kepingan huruf akrilik digabungan, akrilik yang berbentuk persegi panjang harus dipanaskan terlabih dahulu menggunakan pemanas akrilik dengan tujuan agar pinggiran akrilik tersebut mudah dibentuk. Saat pinggir akrilik dipanaskan, lakukan juga proses penempelan pinggir akrilik pada salah satu huruf menggunakan lem akrilik agar pinggir akrilik terbentuk dengan sempurna.

5. Pemasangan Lampu

Setelah setengah huruf sudah dipasang, lanjut dengan pemasangan lampu LED Huruf Timbul. Pasang lampu LED kotak panjang tersebut di dalam kesetiap huruf tersebut menggunakan lem akrilik. Jika sudah, gabungkan setiap ujung kabel yang terdapat disetiap papan lampu dapa kabel serut isi dua menggunakan gunting dan solder. Saat semua huruf sudah disambungan dengan kabel tutup setengah huruf tersebut dengan kepingan huruf lainnya menggunakan lem akrilik.

6. Pemasangan Adaptor

Tahap akhir yang harus dilakukan ialah pemasangan setiap kabel ke adaptor. Langkah pertama pasang kabel serabut isi dua yang sudah tersambung dengan colokan listrik menggunakan gunting dan baut plus. Setelah itu sambungkan kabel serabut yang ada di huruf ke adaptor.

Jika langkah-langkah diatas sudah dilakukan, huruf timbul yang sudah dibuat bisa langsung digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *