Bikin Desain Tambah Hidup! Berikut Keutamaan Prinsip Repetisi di Desain

repetisi desain grafis

Sudah tahukah Kamu dengan macam-macam prinsip di sebuah desain? Prinsip ini cukup penting kehadirannya untuk memberikan nuansa yang lebih estetik pada desain yang dibuat. Salah satu prinsip yang sering kali disematkan dalam desain adalah repetisi yang berarti pengulangan. Di mana jenis prinsip ini mempunyai kelebihan tersendiri lawan hasil desain yang diberikan. Kelebihan apa sajakah itu?

 

Terlihat Lebih Hidup

Salah satu kelebihan penggunaan prinsip Repetisi dari sebuah model adalah memberikan kesan muncul. Pada dasarnya, prinsip ini menjadikan desain terjadi dengan berulang atau banyak tercipta pengulangan secara reguler / tidak reguler. Dalam pembuatannya, sebuah desain baik dari ukuran, warna, maupun garis-garing dibuat pengulangannya yang sama.

Ternyada, dengan adanya pengulangan / pemberlakukan sifat ganda yang dihasilkan, bisa lebih mendramatisir desainnya. Tentu hal ini akan membuat desain Kamu jadi lebih hidup.

 

Memproduksi Lebih Simetris dan Rapi

Penerapan prinsip repetisi benar-benar tidak bisa dihindarkan di desain dan kehidupan. Bahkan, beberapa pakaian yang acap Anda gunakan sering mengendalikan prinsip ini. Beberapa antaralain seperti kancing yang disusun sejajar sehingga lebih simetris dan rapi. Desain kaum kain pun menggunakan prinsip ini. Seperti pada tali lanyard misalnya, sering terlihat garis-garis berulang yang tersimpul pada desainnya.

 

Mengembangkan Rekaan

Prinsip repetisi dalam satu desain, selain bisa menjadikannya terlihat lebih hidup serta simetris juga bisa lebih mengembangkan komposisi. Repetisi ini berarti pengulangan efek tampak dalam sebuah desain. Kamu pun bisa mengulang kaum elemen dalam desain tersebut. Beberapa elemen tersebut dapat berupa warna, tekstur, ketebalan garisnya, ukuran, hingga spesies tulisan.

Elemen-elemen ini dapat disematkan dalam desain secara cara diulang. Sama halnya pada kain yang dari noda benang bisanya sama serta direpetisi. Begitu pun secara warna atau elemen yang lain lain. Selain itu pun pada pembuatan tali lanyard, dari segi ukuran, desain struktur dan warna, dibuat sedemikian rupa dengan elemen yang sama.

Penggunaan prinsip repetisi ini memang tidak dapat terbantahkan dalam kehidupan pada dunia desain. Terlebih secara beberapa kelebihannya yang pasti bisa menjadikan desain Kamu jadi lebih menarik.