5 Bahan Bangunan Rumah Penting yang Wajib Ada Untuk Membuat Hunian Idaman.

Rumah merupakan  tempat tinggal yang harus dibuat senyaman mungkin, supaya mampu dinikmati oleh para penghuninya. Setiap orang ingin memiliki rumah sendiri sebagai hunian idamannya. Meski dibilang harus mengalokasikan dana yang tidak sedikit, membuat rumah perlu persiapan matang mulai dari pemilihan kontraktor rumah untuk di ajak bekerja sama, material, design, sampai interior rumah perlu diperhatikan.

Banyak desain rumah yang sedang ngetrend di zaman sekarang seperti rumah minimalis. Dimana memanfaatkan tanah yang tidak luas namun mampu kita bangun sesuai dengan gaya rumah kekinian. Sehingga pembangunan rumah mampu dimaksimalkan per sekian meternya, dengan gaya yang sesuai yang kita inginkan. Rumah minimalis adalah jawaban bagi setiap orang yang menginginkan rumah, pasalnya bahan bagunan rumah yang dibutuhkan tidak terlalu banyak. Karena design yang minim juga sebagai alasan utamanya. Maka sebelum membuat rumah ada baiknya anda menentukan design seperti apa yang anda butuhkan sesuai dana yang dimiliki.

Selanjutnya ada meterial untuk membangun sebuah rumah, anda perlu mengetahui beberapa material atau bahan bangunan yang akan anda pilih untuk mendukung proyek anda nantinya. Pastikan anda memilih bahan yang mampu membuat rumah anda bisa bertahan lebih lama dan sesuaikan dengan kondisi di daerah anda. Jangan remehkan hal ini, masalahnya jika anda memilih bahan bangunan yang tidak sesuai, memungkinkan rumah anda bisa mudah retak dindingnya, mudah bocor atapnya dan menimbulkan penambahan biaya kembali di kemudian hari.

Daftar Bahan Bangunan Rumah Paling Pokok

Jika anda masih belum mengerti bahan apa saja yang harus digunakan untuk membuat rumah, ada baiknya anda baca ini terlebih dahulu. Untuk membuat rumah ada beberapa bahan yang perlu kita siapkan diantaranya:

  • Sebidang Tanah

Meski yang pertama ini tidak bisa kamu beli di toko bahan bangunan rumah, tanah adalah hal paling utama untuk membuat rumah. Jika anda tidak memiliki tanah anda akan kebingungan untuk membuat rumah dimana, tidak mungkin anda akan membuatnya di atas pohon bukan?. Maka hal paling anda perhatikan adalah mempersiapkan sebidang tanah untuk membangun rumah anda.

  • Batu Bata

Ini merupakan bahan bangunan rumah yang paling dibutuhkan, sebagai bahan utama untuk pembuatan dinding. Biasanya membutuhkan sangat banyak tidak cukup satu atau dua, tapi hingga ratusan untuk membuat dinding yang kokoh. Seiring dengan perkembangan zaman, anda banyak sekali bahan pengganti batu bata, yang lebih murah seperti gypsum. Gypsum sendiri bahannya sangat ringan dibandingkan dengan batu bata, tetapi tidak terlalu tahan terhadap air untuk waktu yang lama karena bahan nya seperti karang. Batu bata sendiri masih digunakan karena kekokohanya untuk pembuatan rumah

  • Semen

Sebagai bahan utama, semen merupakan hal penentu kekuatan dari rumah tersebut. Biasanya semen dicampur dengan pasir untuk menghasilkan adonan yang kuat pada bangunan rumah. Campuran yang dibuat harus sesuai supaya adonan nantinya dapat digunakan biasanya memiliki perbandingan 1:2 antara semen dan pasir.

  • Pasir

Pasir memiliki berbagai jenis, namun yang cocok untuk bahan bangunan dan campuran semen biasanya dipakai pasir putih. jika anda ingin mengecek kulaitas pasir, anda bisa lakukan dengan menggengam pasir lalu masukan tangan anda kedalam ember berisi air. Semakin cepat pasir larut maka akan rendah kualitasnya.

  • Metal

Besi digunakan sebagai tambahan bahan bangunan namun keberadaannya sangat penting untuk membantu kekokohan bangunan rumah. Besi ini bisa tahan sampe tahunan sebagai kerangka kontruksi rumah

Setelah tahu bahan bangunan rumah penting yang digunakan untuk membuat gedung hunian, anda bisa mempersiapkan dari sekarang biaya untuk rumah idaman anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *