4 Kriteria Peralatan Kerja yang Harus Memenuhi Standar K3

Bagi perusahaan dan karyawan, kesehatan dan keselamatan kerja atau yang biasa kita sebut dengan K3 merupakan hal utama yang harus diperhatikan. K3 berfungsi untuk mencegah kecelakaan kerja sehingga biaya untuk ganti rugi bisa diminimalisir. Meskipun K3 juga sudah di jamin di dalam UU Ketenagakerjaan, tetap saja peran perusahaan sangat diperlukan. Salah satu hal yang menjadi kegiatan rutin perusahaan adalah melakukan inspeksi K3. Tujuan dilakukannya inspeksi ini untuk mengetahui faktor – faktor apa saja yang berpotensi menjadi penyebab terjadinya kecelakaan kerja. Salah satu faktornya adalah peralatan kerja.

4 Kriteria Peralatan Kerja dalam Standar K3

Pada dasarnya peralatan kerja di butuhkan untuk mempermudah dan memperlancar para pekerja dalam menyelesaikan tugas mereka. Namun tahukah Anda jika ternyata perlatan kerja harus memenuhi standar K3 seperti berikut :

Ber – Standar Nasional Indonesia (SNI)

Biasanya perlatan kerja yang ada di dalam standar K3 merupakan peralatan kerja yang memiliki cap SNI atau Standar Nasional Indonesia. Jika peralatan tersebut sudah memiliki cap SNI, maka peralatan tersebut dianggap memiliki kualitas atau mutu bagus. Pastinya hal ini tentu menguntungan bagi perusahaan maupun pekerja. Dimana para pekerja merasa aman karena memakai peralatan dengan mutu terjamin, pun dengan perusahaan dapat meminimalisir resiko kecelakaan kerja.

Standar Nasional Indonesia (SNI)

Peralatan Modern

Seiring berkembangnya teknologi pasti banyak inovasi tercipta termasuk alat – alat yang digunakan oleh para pekerja. Salah satu contohnya adalah bar bender dan bar cutter. Bar bender merupakan salah satu alat yang biasa digunakan untuk membengkokkan baja tulangan dalam berbagai sudut yang diinginkan sehingga Anda tidak perlu bersusah payah untuk membengkokkan sebuah baja tulangan. Harga bar bender ada di kisaran 40 jutaan.

Harga bar bender

Sedangkan bar cutter digunakan untuk memotong baja tulangan sesuai ukuran yang diinginkan. Bar cutter terdiri dari 2 versi yaitu bar cutter menggunakan listrik dan bar cutter manual. Harga bar cutter hampir sama seperti bar bender yaitu dikisaran 40 juta hingga 100 juta rupiah.

Kelengkapan Diri Pekerja

Ketiga, hal yang harus di perhatikan adalah kelengkapan peralatan untuk pekerja. Kelengkapan diri yang dimaksudkan disini adalah peralatan berkaitan dengan tubuh, seperti helm keamanan, masker, rompi reflector, penyaring udara, kacamata pengamanan, sarung tangan, hingga pengaman telinga. Perlatan ini dibutuhkan para pekerja untuk menjaga keselamatan diri serta mencegah terjadinya hal – hal yang tidak di inginkan.

Kelengkapan Diri Pekerja

Ketersediaan dan Kelengkapan Alat

Ketersediaan dan kelengkapan alat – alat merupakan hal yang cukup penting untuk diperhatikan. Pekerjaan lebih efisien jika perusahaan menyediakan alat – alat yang diperlukan dalam menyelesaikan pekerjaan. Sehingga ketika terjadi kecelakaan kerja, maka bisa dilakukan pertolongan pertama pada pekerja.

Ketersediaan dan Kelengkapan Alat

Itulah kriteria yang wajib ada pada peralatan kerja dalam standar K3. Namun kriteria itu bisa saja bertambah sesuai dengan jenis proyek atau pekerjaan yang dilakukan oleh para pekerja